News Update :

Thursday, June 7, 2012

Kepolisian Berperan Aktif Sukseskan Program KB

01 Juni 2012 21:11


kb kes
Rasau Jaya
Kepala BKKBN Kalbar, Dwi Listyawardani menegaskan pihak kepolisian dalam hal ini Polda Kalbar beserta jajarannya berperan aktif dalam menyukseskan KB Kesehatan Bhayangkara merupakan salah satu upaya untuk mendorong pencapaian sasaran peserta sepanjang tahun ini. “Dengan melibatkan kepolisian selaku mitra dalam melaksanakan program-program KB dan kependudukan,” ujar dia.
Ia mengakui Polda Kalbar berperan aktif dalam menggelar KB Kesehatan Bhayangkara. “Kalau di daerah lain, malah BKKBN yang lebih banyak aktif. Khusus untuk di Kalbar, Polda yang lebih aktif,” kata Dwi Listyawardani.
Ia menyadari, kemitraan memegang peran yang strategis dalam menunjang program-program KB dan kependudukan.
Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Unggung Cahyono mengatakan jajaran kepolisian sangat peduli dalam mendukung program pemerintah selain program rutin. “Makna dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial yang jadi program pemerintah,” kata Unggung Cahyono.
Ia menyadari, ada korelasi yang signifikan dengan tugas-tugas kepolisian. Unggung berharap masyarakat dapat memeriksakan sekaligus berkonsultasi di ajang tersebut.
Ia yakin, keluarga yang sehat dan berkualitas mampu menghadapi tantangan yang semakin berat di masa mendatang.
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan Rasau Jaya merupakan daerah yang strategis dan menjadi sasaran utama perlintasan. “Nanti akan bisa sinergis dengan anggota Persit Bhayangkari,” kata Muda.
Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Brigjen (Pol) Drs.Unggung Cahyono mencanangkan Bulan Bhakti KB Kesehatan Bhayangkara 2012 dilaksanakan pada hari ini, Rabu (30/5) di Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Acara dirangkaikan dengan pelayanan KB, khitanan  massal, pelayanan  kesehatan, dan Rally Mupen Kencana Khatulistiwa.
Direktur Binmas Polda Kalbar Kombes Pol Drs.Suhadi SW M.Si mengatakan bulan bhakti KB Kesehatan Bhayangkara ini dirangkaikan dengan hari Bhayangkara, yang setiap tahunnya diperingati oleh seluruh jajaran kepolisian Republik Indonesia. Ditetapkannya Rasau Jaya sebagai lokasi pencanangan kegiatan tersebut berdasarkan hasil Rakorda KB Kes Bhayangkara yang dilaksanakan pada 25 April lalu.
Suhadi mengajak semua pihak bersama-sama melaksanakan dan menyukseskan rangkaian kegiatan KB Kesehatan Bhayangkara. “Bisa melalui dukungan menyiapkan tenaga kesehatan, pelayanan KB, maupun dengan memberikan dukungan biaya yang digunakan untuk bingkisan kepada anak yang dikhitan dan peserta KB baru,” ungkapnya, sembari mengatakan untuk memeriahkan kegiatan juga diisi dengan pentas terbuka.
Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat Ir.Dwi Listyawardani M.Sc Dip.com mengatakan BKKBN bekerjasama dengan kepolisian dalam kegiatan bulan bhakti KB Kesehatan Bhayangkara selama tiga tahun berturut-turut. Hal ini menunjukkan adanya komitmen yang sama dalam kegiatan kemanusiaan.“Ini merupakan aplikasi  dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani Kepala BKKBN Pusat dan Kapolri pada tahun 2009, dan kini telah memberikan daya ungkit yang cukup signifikan terhadap keberhasilan Program Kependudukan dan KB di Kalimantan Barat,” kata Dwi.
Menurutnya, saat ini permasalahan kependudukan masih terjadi. Diantaranya tingginya TFR di Kalbar yang mencapai 2,6, sedangkan nasional 2,1. Permasalahan lainnya adalah laju pertambahan penduduk (LPP) yang mencapai 1,6 persen, serta masih rendahnya kepersertaan pria dalam ber-KB dan mayoritas masih digunakan alat kontrasepsi jangka pendek. “Perlu digalakkan pola kemitraan seperti yang dilakukan bersama Polri ini. Kegiatan ini sangat strategis. Karena mayoritas anggota Polri saat ini adalah Pasangan Usia Subur (PUS) dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan personil dan masyarakat, yang diharapkan akan mempercepat suksesnya program   Kependudukan dan KB,” ungkap Dwi. (humas)
 

© Copyright Benteng Kabupaten Kubu Raya 2012 | Design by Nandang P Permana | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.